Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
senyumcantikku.over-blog.com

Mengenal 5 Jenis Speaker Aktif yang Jarang Diketahui

Mengenal 5 Jenis Speaker Aktif yang Jarang Diketahui

 

Speaker aktif tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Hal itu dikarenakan sudah banyak yang jual speaker aktif dan menggunakannya untuk acara tertentu atau untuk kebutuhan pribadi. Pada dasarnya adalah speaker aktif ini adalah alat pengeras suara yang membuat suara yang dihasilkan lebih keras dan lebih mantap. Dentuman suara musik pun akan sangat jelas terdengar jika menggunakan speaker aktif ini.

Speaker sendiri terdiri dari dua jenis yaitu aktif dan pasif namun biasanya kedua jenis speaker ini akan dihubungkan dalam satu box. Pada kesempatan kali ini akan dibahas apa saja jenis speaker aktif yang mana belum banyak diketahui oleh masyarakat seperti berikut ini:

Speaker Dual Cone

Jenis yang pertama adalah dual cone. Dibandingkan dengan speaker aktif lainnya jenis inilah yang paling murah.  Dentuman yang dihasilkan oleh speaker ini cenderung sama meski merek atau brandnya berbeda. Khusus untuk suara yang dihasilkan hanya standar meski dilengkapi dengan dua conus. Speaker ini memiliki nama lain full range yang memang menghasilkan frekuensi yang luas namun tidak maksimal.

Baca juga : Permasalahan yang sering muncul ketika memasang audio system

Terpusat

Jenis selanjutnya adalah speaker coaxial atau terpusat. Jenis ini tersusun dari woofer, midrange, dan juga tweeter di dalam satu poros dan letaknya berdekatan.  Perangkat ini di desain untuk menghasilkan frekuensi yang jauh lebih rata.

Speaker Split atau Terpisah

Jenis yang terakhir adalah split atau terpisah. Maksudnya di sini adalah woofer, midrange, dan juga tweeter di desain secara terpisah. Pembagian frekuensi suara menggunakan crossover dimana mampu membagi frekuensi nada rendah, menengah, dan juga tinggi. Speaker aktif yang masuk dalam jenis split adalah 2 way dan juga 3 way.

Speaker Aktif Berdasarkan Bentuknya

Speaker aktif ini juga dibedakan berdasarkan bentuknya. Jika Anda perhatikan bentuk dari speaker ini berbeda-beda. Simak jenis speaker aktif berdasarkan dengan bentuk kemasannya berikut ini:

  1. Dua buah speaker

Jenis ini akan memiliki dua buah kotak speaker sebagai penyalur suaranya. Satu kotak memiliki fungsi sebagai rangkaian elektronika seperti tone, power amply, power supply, dan juga menjadi tempat tersimpannya satu buah speaker. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika speaker ini akan memiliki banyak kabel seperti penghubung ke stop kontak, ke kotak speaker, dan juga ke sumber berbagai suara. Sedangkan satu kotak yang lain digunakan untuk tempat speaker saja dan tidak ada komponen elektronikanya.

  1. Tiga kotak speaker

Speaker aktif jenis ini memiliki susunan satu kotak sebagai subwoofer atau penyalur nada baik rendah, low, maupun bass dan dua kotak lainnya adalah sebagai penyalur suara middle dan juga tweeter.  Pada kotak speaker yang paling besar terdapat komponen elektronika yang mana fungsinya sebagai pengatur suara agar menjadi lebih enak didengarkan dan juga mampu menguatkan sinyal audio sehingga semua suara tersebut mampu keluar dari ketiga speaker ini. Di dalam kotak ini juga ada beberapa kabel penghubung ke stopkontak, penghubung ke sumber suara seperti komputer, DVD, player, dan lain sebagainya. Untuk dua buah kotak speaker lainnya ini ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan speaker subwoofer.

baca juga : tips memilih bluetooth speaker

 

Share this post

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post